02/03/11

Sate Klopo Bu Asih, Ondomohen

Mengulas sate klopo yang satu ini pasti banyak orang yang sudah kenal, baik tempat mau cita rasanya. Selain memang sudah terkenal di kalangan pecinta kuliner, sate ini memang sudah menjadi trade mark nya jalan Ondomohen yang sekaramg menjadi jalan Achmad Jais di kawasan Surabaya Pusat.
Dahulu....sebelum menempati tempat yang baru [ sekarang ] sate ini menempati sisi Utara jalan yang teduh ini, tapi sejak beberapa tahun yang lalu, sate klopo ini menempati sisi Selatan atau seberang dari lokasi yang lama.
Tentu orang yang lewat jalan ini banyak yang mengetahui kalau disini terdapat penjual sate klopo yang enak, lha wong karena kalau sedang membakar sate, asapnya mengepul sampai memenuhi udara di jalan yang juga legendaris itu.
Jujur, sate klopo ini tempatnya gak jauh amat dengan tempat tinggal saya, jadi meski dah lama banget tahu akan sate klopo ini, saya belum pernah sekalipun menjelajahi cita rasanya, meski kabarnya sudah dari dulu aku dengar, maklum mungkin karena dekat ya..hingga tak masuk daftar jelajah jajan saya.
Tapi teryata tidak seperti minggu kemarin, terpaksa saya mengantar Non yang ngebet banget minta makan sate disini.
Karena yang pingin banget Non, maka pagi itu kita berdua hanya pesan sepuluh tusuk sate klopo USUS, ditambah nasi, tapi karena penasaran saya coba untuk mencicipi dengan pesan lontong untuk teman ngicipi.
Ternyata benar apa yang selam ini rami dibahas di dunia kuliner, sate klopo yang di Ondoohen ini benar-benar lain, baik bakaran maupun bentuknya, sehingga ketika mulut ini menjepit batang lidi yang ada satenya. uhh....................bener-bener mak nyus.
Memang menikmati sate klopo ini tentu akan merasakan bedanya dibanding dengan makan sate yang lain, selain potongan ususnya yang relatif besar, dan rasa bakarannya tidak dominan.
Bagi penjelajah jajan yang tidak begitu suka dengan daging usus disini juga menyediakan sate klopo daging sapi yang tentu cita rasanya tak kalah enaknya dengan sate klopo ususnya.
Anda suka sate ? saya bisa merekomendasikan untuk mencicipi disini.

Sate Klopo ONDOMOHEN  [ Ibu Asih ]
Jl. Achmad Jais
Surabaya.

2 komentar:

  1. Memang paliing enak Ondomohen, regone yo lumayan mahal, tapi rasane enak, yo gpp. Lha omahe sampeyan endi? kok deket situ

    BalasHapus
  2. mbak manda inget to waku beli sate di tempat yang lama tapi sore hari ? itu memang lain dengan yang pagi...jelas enak yg pagi to ?

    rumahku ada di sekitar jl. tunjungan situ mbak..mau ngajak makan po ? hehehehe

    BalasHapus