07/03/11

Lontong Kikil "Pak Madekan" - Sepanjang

Minggu kemarin kebetulan ada acara keluarga ke daerah Sidoarjo, tentu saja bagi saya setiap kemana saja bepergian selalu saja selera jajan saya ini ingin menjelajahi makanan apa saja yang terkesan bisa dinikmati seperti hari Minggu ini.
Selesai acara keluarga saya tak lupa ingin mampir di salah satu tempat makan yang letaknya searah dengan perjalanan saya pulang.
Saya teringat dengan beberapa infromasi dari kawan-kawan yang suka wisata kuliner, bahwa di daerah Sepanjang terdapat salah satu penjual lontong kikil yang kabarnya sangat enak dan tentu sangat terkenal, saya penasaran apa sih yang menjadi lontong disini banyak diminati oleh penjelajah jajan.
Berbekal sedikit informasi tentang warung ini, saya dan Non nekat saja mencari dimana tempat makan ini berada ? dan setelah berjalan pelan sambil tengak tengok kanan kiri akhirnya persis di sudut pertigaan jalan di daerah Sepanjang ini saya menemukan apa yang saya incar sejak berangkat tadi.
Tempat makan ini mudah sekali terlihat selain menempati di trotoar jalan juga karena ternyata siang itu warung ini lagi banyak pengunjungnya, saya berfikir apakah betul ini Lontong kikil yang sudah sering dibicarakan oleh teman-temen penggemar kuliner itu atau bukan ? ah........ bagi saya itu tidak penting .yang jelas saya sudah menemukan satu lagi tempat makan yang belum pernah saya jelajahi.
Setelah duduk persis di depan penjualnya saya langsung pesan 4 porsi [ kebetulan saya mengajak Non dan kakak serta istrinya ] tentu dengan es kelapa mudanya.
Sembari saya menunggu di juali saya bertanya sama Non " apa sebab selain rasa tentunya yang membuat tempat makan ini ramai ? " dan betul seperti apa yang sudah saya duga, Non menjawab sambil berbisik...." lha wong sing dodol semok yo laris " kakakakakakaka.......dan ternyata mbak yang berjualan ini adalah mantu perempuan dari pak Madekan  yang pertama berjualan Lontong kikil ini menurut mbak yang jual atau lebih tepatnya si menantunya, bapak sekarang umurnya sudah tua dan tidak mungkin lagi bisa berjualan disini maka dia yang diserahi tugas untuk meneruskan jualan lontong kikil tersebut.
Belum selesai saya guyonan sama Non, lontong kikil yang saya pesan sudah selesai di racik, saya sengaja minta potongan kikil yang agak besar, biar terasa lega saya mencicipinya.
Begitu gigitan pertama saya rasakan, hm.......ternyata benar seperti apa yang sudah saya perkirakan, kikil ini lembut dimulut dan tidak keras, sehingga mudah di potong oleh gigi dan klo ditelan gak ganjel di tenggorokan langsung mak  nyus....masuk ke perut, hehehehehe...

Saking enaknya lontong kikil ini, saya ingin sekali nambah satu porsi lagi tapi saya urungkan karena perut saya sudah terasa penuh karena sebelumnya sudah diisi oleh makanan sewaktu di acara keluarga tadi.
Jadi menurut saya, longtong kikil ini bisa di rekomendasi bagi penggemar kikil cobalah  lontong kikil "Pak Madekan" yang yang ada di daerah Sepanjang.


Lontong Kikil
Pak Madekan
Pertigaan Pasar Sepanjang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar