22/02/11

Kupang Kraton, asli dari daerah asalnya

Sejak dulu saya penasaran dengan jenis makanan ini, bukan karena belum pernah makan, tapi saya belum bisa menemukan rasa yang pas dengan jelajah jajan saya, sering mencicipi makanan ini, apalagi kalau ke tempat-tempat yang dekat dengan laut pasti jenis makanan ini selalu ada, tetapi yah belum juga menemukan cita rasa yg benar-benar mak nyus.
Tetapi mungkin kali ini saya menemukan cita rasa yang lain dari yang pernah aku cicipi, seperti kupang dengan label kupang kraton yang ada di luar daerahnya, kali ini saya mendapatkan kupang lontong ini di tempat asal kupang lontong ini berada yaitu di daerah KRATON, satu Kecamatan di kota Pasuruan, tepatnya ada di pertigaan Kraton, Jl. Raya Surabaya-Pasuruan.
Selain makanan ini memiliki rasa yang berbeda ternyata harga kupang disini juga terhitung relatif sangat murah, seporsi kupang lontong yang lezat ini seharga Rp. 5.000,- , belum jika kita ingin menambah dengan sate kerangnya.

Yang membedakan lonton kupang ini dengan beberapa kupang lontong yang pernah saya coba, itu ada di beberapa bagian misalnya, bagian bumbunya, kalau yang selama ini saya ketahui, bumbu itu terdiri dari  petis udang dicampur dengan bawang goreng kemudian di ulek tapi, disini petis diganti dengan cairan yang terbuat dari sari kuoang dan dicampur dengan gula merah yang dimasak sedmikian rupa sehingga akan menghasilkan adonan yang berwarna cerah, tidak hitam / coklat tua seperti kebiasaan kita lihat, sehingga ketika sambal / adonan ini dicampur dengan kupang ditambah dengan lontong, hm....bener-bener rasanya lain karena bumbu tersebut beradu dengan kupang dengan lembut yang menghasilkan rasa yang spesial taste.

Ada satu bahan lagi yang lain dari lontong kupang Kraton dengan yang lain ini adalah lentho , gorengan ini terbuat dari kedelai yang dicampur dengan parutan kelapa dan dibentuk bulat-bulat seperti bola bekel kemudian digoreng, tentu ini beda dengan.....yang selama ini pernah ada, sehinga  dengan bahan yang berbeda otomatis rasanya juga berbeda.
sedang menikmati

Menikmati Kupang lontong di daerah aslinya memang akan membawa kita pada  pengalaman jelajah jajan yang lain dari makanan sejenis yang ada diluar daerah.
Itulah sore yang dengan tidak sengaja, lidah kami  dimanjakan dengan Kupang lontong yang betul-betul patut untuk dijelajahi.

Kupang Kraton BU NUR
Pertigaan Kraton
Jl. Raya Surabaya - Pasuruan
Pasuruan

5 komentar:

  1. saya belum mrasain tuh, mestinya sesama pedagang kupang saya mesti nyobain.

    BalasHapus
  2. lha iyo mbak.......kudune nyobain sekalian nimba ilmu,xixixixixi

    lha saiki kapan saya diajak andok kupangnya mbak Manda ? hehehehehe

    BalasHapus
  3. wah pak eko hebat...dapet rahasia kuah kupangnya tuh.....

    lha iya...kadang masakan2 berkuah kan kuncinya di rasa supnya ya.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha...ya nanya sama penjualnya biar bisa tahu rahasianya mas

      Hapus
    2. yang dikasi tau biasanya pelanggan dekat pak...hehe.
      kayak Istrikupernah dikasitau rahasiabumbu sate ayamnya Pak Supar yang heboh di Semarang itu..:)

      Hapus