10/03/10

Inget Gurami, Inget Temenku

Sebenarnya ini adalah jelajah jajan yang paling lain dan paling lucu, kenapa ? gak lucu gimana ? lha wong jelajah jajan ini dilaksanakan ketika saya sedang melaksanakan puasa Senin Kemis, lucu khan ? mana bisa menikmati dan menilai enak atau tidaknya makanan kalau saya sendiri ndak makan. Lha gimana wong sudah kadung ngomong sama temen kalau berada di kota Gresik saya berjanji akan mentraktir makanan di tempat makan yang lumayan representatif di kota pudak ini.
Nah kebetulan dia pergi ke Gresik dalam rangka dines kerja dan waktunya pas makan siang, maka langsung kita berangkat ke rumah makan itu.
Nama rumah makan ini adalah Rumah Makan APUNG, yang berada agak jauh ke sebelah barat dari tempat kerja saya, kira-kira mungkin jaraknya 2 Km.
Saya datang bersama dua orang temen saya, karena hanya bertiga dan yang makan hanya dua orang maka saya persilahkan teman saya untuk memesan menu kesukaan mereka dan yang dia pesan adalah GURAMI ASAM MANIS.
Gurami asam manis seperti di tempat yang lain hampir bentuk dan cita rasnya hampir sama, hanya mungkin penampilan penyajiannya ada yang berbeda, tapi pada pokoknya soal rasa hampir sama, hanya gurami yang disini katanya lebih sedikit manis ketimbang yang pernah dirasakan olehnya, yah berarti gak jauh jauh beda lah.
Tapi lucu teman saya ini, makan gurami kok ditmbah sambel pencit [ sambel mangga muda ], hehehehe tapi wah yang ini begitu datang langsung saya ngiler, tapi tak kuat kuatkan godaan....dengan sedikit mbatin, wis kapan-kapan tak mencicipi sendiri, hehehehe.
Melihat ikan ini saya langsung ingat sama sahabat tak pernah lihat dalam postingannya dia menulis pengalamannya saat makan ikan gurami juga, jadi saya juga agak-agak gimana, terbawa aja sama mitosnya itu, masak gak boleh dibalik lha trus dagingnya khan ndak termakan, pikir punya piikr saya ingin melihat apakah sisi sebelahnya ikannya masih ada ? dan ternyata setelah saya intip, wouw.....ternyata iaknnya sudah diambil, jadi penjelajah tak usah membalik ikan ini lagi, karena sdh tiodak ada dagingnya, jadi tak perlu takut akan ketiban sial. hehehehehe.........
Dan yang agak cocok selain sambal pencit yang bikin ngiler tadi, si temen juga pesen ini....tahu crispynya, yo wis gak papa, ketimbang ndak ada camilan di meja ini.
Bagi penjelajah jajan yang kebetulan berada di kota Gresik dan ingin menikmati makan siang dengan suaana lesehan layaknya makan di rumah-rumahan berkesan alami, silahkan bisa mampir disini, dijamin enak dan tentu harganya relatif murah.

Rumah Makan APUNG
Jl. Dr. Wahidin Sudirohusodo 105
Gresik.

2 komentar:

  1. hahahaha.... lek aku yo mokel, nggak kuat pastinya lihat gurami kayak gethu. Hihihii..jadi nggak perlu mbalik yo mas...hehehe. Tapi sampeyan tetep apes, lah poso nggak isok melok mangan kancane.

    BalasHapus
  2. wah...ndelok sambel mencit.......marahi pinginnn thokkk....

    BalasHapus