21/04/13

Menjelajahi Soto Rujak, di Pekan Budaya Banyuwangi

Ada yang menggelitik perasaan saya ketika malam itu saya ingin menyaksikan sebuah pentas seni budaya Daerah Banyuwangi.
Diantara banyak tenda-tenda yang memamerkan segala macam produk andalan kota Banyuwangi ada salah satu yang sangat mengusik emajiner kuliner saya yaitu, pojok kuliner yang menyajikan makanan yang baru kali itu saya mengetahui, disana di tampilkan makanan khas kota "Blambangan" ini yaitu ; SOTO RUJAK.
Mengapa feel kuliner saya terusik ?, disudut atas sebuah ruangan tertulis nama jenis makanan yang menurut saya pasti ini sangat sensasional.
Untuk mengobati rasa penasaran saya maka langsung mencoba menjelajahi makanan yang tergolong khas dari beberpa makanan yang ada di Indonesia ini.
 

Rujak Soto ini jika dalam sajian komplit memaqng campuran rujak petis yang terdiri dari gorengan tahu dan tempe, kacang panjang dan taoge yang disiram dengan kuah soto babat yang hangat, nah disnilah akan ditemukan cita rasa yang segar dari kuah soto dan babatnya yang empuk dengan cita rasa petis, pedas.
Malam itu karena stand yang menyediakan hanya ada satu dan banyaknya pembeli yang ingin sekedar mencicipi  atau ingin mengobati rasa kangen dari masakan yang ada di daerahnya dari orang-orang Banyuwangi yang saat itu menikmati hiburan Malam Banuwangi di pendopo Taman Budaya Jawa Timur saya tidak bisa menikmati secara komplit seperti apa yang harusnya ada di Soto Rujak ini, tapi setidaknya dari apa yang sudah saya jelajahi ini saya sudah bisa mendapatkan gambaran, dan mendapat jawaban rasa penasaran saya malamk itu, seperti apakah sebetulnya cita rasa yang menurut saya asyik ini.
Jenis makanan ini di kota asalnya Banyuwangi mudah dijumpai di sudut-sudut kota yang popuiler dengan sebutan kota Blambangan ini.
Disana, makanan ini cukup banyak penggemarnya selain enak, harganya juga sangat terjangkau oleh masyarakat kota itu, betapa tidak. hanya dengan merogoh uang sebesar Rp. 5000,- Anda sudah bisa menjelajahi babatnya yang menumpuk diatas Rujak Soto.
Apakah penjelajah jajan penasaran dengan cita rasa dari sajian khas kota banyuwangi ini, silahkan anda mencicipi dikota asalnya atau mungkin di kota anda sudah tersedia jenis makanan ini.
Selamat menikmati...!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar