15/08/11

Tahu Tek - Tek " Pak H. Ali "

Jujur ini jelajah jajan saya yang paling lucu, mana gak lucu, biasanya kalau jelajah jajan saya pasti akan menyantapnya dengan penuh antusias, tapi untuk kali saya tidak demikian.
Ya....karena jenis makanan ini sejak saya tinggal di kota Buaya ini menjadi salah satu makanan yang tidak begitu saya dapat menikmatinya. entah kenapa sebabnya, ya.... gak begitu suka aja, atau mungkin karena pada makanan ini terdapat bumbu yang diberi dengan petis, dan petis ini yang menjadi salah satu bumbu yang tidak begitu saya minati.
Seperti malam itu, saya sengaja diajak oleh Non untuk menemani menjelajahi jajajan khas kota Surabaya ini yaitu TAHU TEK-TEK.
Banyak memang jenis makanan ini dijual, sampai di pelosok-pelosok kampung makanan ini banyak dijanjakan, baik yang menetap maupun yang dijanjakan keliling. seperti salah satunya adalah yang saya dijelajahi malam ini yaitu tahu tek-tek "Pak H. Ali" yang sangat populer dikalangan pecinta kuliner, khususnya yang ada di kota ini.
Tidak banyak yang bisa saya ceritakan soal cita rasa makanan ini, karena memang malam itu saya tidak menikmatinya dengan penuh hanya beberpa kali saja saya ngicipi makanan yang dipesan oleh Non.
Tapi setelah saya mencicipi sedikit saya secara asal-asal saja baru bisa mengomentarai kalau, bahwa sebenarnya makanan  yang sudah kesohor ini tidak jauh dari apa yang selama ini pernah saya cicipi di tempat yang lain, tapi mengapa ya...saya sendiri bertanya-tanya, apa yang mebuat tahu tek-tek disini sangat diminati banyak pecinta kuliner.
Memang memperhatikan apa yang menjadi bahan-bahan manakan ini lain dengan apa yang selama ini saya lihat khususnya bumbunya, kalau selama ini kalau kita membeli tahu tek-tek maka sipenjual akan meracik bumbunya setelah kita pesan tapi, disini lain bumbunya sudah tersedia (siap) dan hanya tinggal menuang pada piring yang sudah berisi bahan-bahan tahu tek-tek ini.
Apakah cara ini yang membuat sajian disini yang membedakan dengan ditempat yang lain ? aku sendiri kurang yakin
Tapi setidaknya malam itu rasa penasaran Non dan saya pada makanan khas kota ini, khususnya ditempat yang menjadi jujugan penjelajah jajan sudah bisa terobati.
Apakah anda juga penasaran dengan jenis makanan ini..silahkan.....mencobanya di sini :

Tahu Tek-Tek
Pak H. Ali
Jl. Dinoyo 147-A, Surabaya

7 komentar:

  1. menurut aku, tahu tek yang paliiiiing enak justru di Malang. kalau surabaya, petisnya banyak, kalau malang malah kacangya yang banyak. ...

    BalasHapus
  2. jujur mbak...yo makanan ini sing rapatio sreg neng ati...kakean petis....
    nek Malang nengdi sing TOP

    BalasHapus
  3. ndek semarang ada tahu tek.......tapi penasaran..hihih belum pernah cubak....

    BalasHapus
  4. di malang tahu tek Mas Jono... di dekat pasar buah, sebelum comboran. weeeenak pollll, pak ali mah...jauuuuuuuuuuuuh. Kalah!

    BalasHapus
  5. mas Bayu : makanya kalau ke surabaya.....mampir dunk.....
    mbak Manda: wis nek dolan Mlg....mampir yo....

    BalasHapus
  6. di jakarta jarang.. malah dah lama bgt ga makan

    dlu pas masih tk thun 1992 - 1993 ane suka mesen ini sama yang suka lewat depan rumah malem malem... =p~

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak gak gan ? hehehehe

      Hapus