05/06/10

Lotek, Sensasi pedas dalam kudapan ndeso.

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan pulang kampung, karena sesuatu hal yang membuat saya lagi-lagi menggunakan waktu untuk menjelajah jajan khas kota tercinta.
Setiap kali pulang tentu saya akan menjelajahi beberapa tempat yang menyediakan beberapa jajan khas kota sejuk ini, dari menjelajahi pasar tradisonal Tukangan, sisa-sia pasar Rejowingaun dan lain-lai tempat dengan harapan dapat menemukan jajanan kuno dan khas yang ada di tempat tersebut.
Tapi saya tidak dengan sengaja menemukan jajanan yang menrut saya adalah jajanan khas kota Magelang dan tentu jenis makanan ini sulit bahkan jarang ditemui di kota-kota yang lain, sebut saja makanan ini LOTEK, ya...jenis makanan yang menurut saya sangat tradisonal baik sajian maupun isinya, tapi penjelajah jangan beranggapan dengan makanan ini, meski kelihatannya sederhana tapi coba saja lihat apa saja bahan yang ada dalam sebuah sajian tradisonal ini.
Didalam satu men lotek ini penjelajah jajan akan menemukan; rebusan kangkung, kobis, taoge, tahu dan tentu dengan bumbu kacangnya.
Semua rebusan yang ada tersebut  dicampur menjadi satu dalam cobek [ jawa : cowek ] dan diberi kacang yang telah digoreng kemudian di uleg di cobek tersebut, tentu bagi penjelajah jajan yang ingin merasakan lotek ini pedas bisa ditambah dengan cabe agar dapat menemukan rasa pedas sesuai dengan lidah penjelajah.
Selesai semua bahan diuleg menjadi satudan telah bercampur santara bahan yang satu dengan bahan yang lain maka akan nampaklah sebuah sajian yang sehat dan menggiurkan dari sebuah makanan tradisional yang menggugah selera.
Sesungguhnya sajian yang serba hijau ini tambah nikmat jika disajikan di pincuk yang terbuat dari daun pisang, sehingga akan menambah indah dan taste yang sangat njawani dilidah kita.
Apakah penjelajah jajan suka dan menikmati makanan tradisonal ini ?

2 komentar:

  1. Mirip pecel ya.... tapi aku milih pecel ada peyeknya. :)

    BalasHapus
  2. iya mbak....hampir mirip, tapi ini lebih banyak rasa gurihnya..

    BalasHapus