02/05/10

Kreco, sensasi sebuah jajanan langka

Kalau penjelajah jajan ditanya perihal makanan apa yang sekarang langka dan sulit ditemukan di kota pahlawan ini maka, tentu kita akan sepakat bahwa KRECO adalah salah satu makanan yang saat ini tergolong langka dan sulit ditemukan.
Tidak semua daerah / lokasi dapat dengan mudah penjelajah jajan menemukan makanan yang berbahan baku Kreco ini.
Sebut saja di daerah Surabaya pusat ini, hampir dipastikan kita tak akan menemukannya, masak sih ? bener berani adu traktir, ditengah kota yang katanya penuh dengan pusat jajan penjelajah kita tak akan mudah menemui makanan ini, untung saya mendapatkan gurih dan segarnya ini ketika kami menyaksikan acara SURBAYA SIMPANG FESTIVAL ,30 April 2010, di area Taman Apsari, Surabaya
Jenis makanan ini sebetulnya sangat sederahan, baik isi maupun bumbu-bumbunya, coba kita perhatikan, nakanan ini hanya terdiri dari KRECO saja, yaitu sejenis binatang yang hidup subur utamanya didaerah rawa-rawa, bentuknya menyerupai KOL NENEK, tapi bentuknya lebih kecil dan bulat.
Kreco ini cara memasaknya pun sangat sederhana, cukup disayur lodeh dan diberi parutan kelapa, wah.....mengingat makanan inipun jadi ngilu ingin mencoba lagi.
Dan yang menjadi spesifik dari makanan ini, selain bumbu dan rasanya yang mensensasi cara makanpun sangat unik,
Coba kita bandingkan kalai kita makan KOL NENEK, dengan cara di congkel dengan sendok ataupun sejenisnya, karena memang dagingnya yang sangat lekat di dalam cangkangnya, tapi KRECO cukup dengan menyedot sisi kepala dari kreco tersebut, jadi harus menyedot dengan semangat dan hati-hati maka kita akan menemukan sensasi gurih dari isi makanan yang bernama KRECO ini.
Penjelajah jajan penasaran dengan rasa dan cara memakan makanan ini ? cobalah untuk menjelajahi di sudut-sudut kota Surabaya dan kalau mujur, kita akan menemukannya.
Selamat berputar-putar.....................

1 komentar:

  1. Kol Nenek iku ta...kelomang pak...?

    adudu.........sakno reek.....
    kalo kreco tu sebangsa kijing..ya..kerang..?

    BalasHapus