11/01/10

Special Taste, Kupang Lontong......


Minggu kemarin tidak ada angin tidak ada hujan Non tiba-tiba mengajak saya untuk menikmati jembatan SURAMADU yang sudah diresmikan beberapa bulan sebelumnya, tanpa mengajak anak-anak yang biasanya diajak kemanapun kita pergi menikamti liburan, tapi karena sudah kadung ngebet ingin melihat jembatan itu karena, sampai saat ini kita belum pernah melihatnya, ya tanpa anak-anakpun perjalanan ini tetap ingin dilaksanakan.
Perjalanan yang sungguh kita nikmati berdua, sejak dari berangkat dari Surabaya sampai melintasi jembatan Suramadu menuju ke pulau Madura dan pulang kembali menuju Surabaya sungguh menjadi perjalanan yang sangat menghibur hati.
Sampai kembali di Surabaya, kami berdua tidak langsung pulang tapi lagi-lagi Non mengajak saya untuk ke lokasi Kenjeran Lama, sebab menurut beliau di daerah Kenjeran lama ada pasar yang menurut cerita temen-temen Non, ada beberapa penduduk yang biasanya menjual ikan laut hasil tangkapan mereka ke tempat itu dan dibakar terlebih dahulu di tempat itu.


Melihat berbagai macam ikan hasil tangkapan dari para nelayan, yang dijual sungguh menarik minat untuk membelinya, apalagi oleh penjualnya ikan tersebut dibakar terlebih dahulu, seperti yang saat itu saya lihat, dari asap pembakaran ikan tersebut saja saya sudah menciump aroma ikan yang sangat sensasional.
Ikan yang dibakar dalam satu kali bakaran cukup lumayan banyak dan tidak hanya satu jenis ikan saja, ada ikan Tengiri, Pari, Kerapu, Baronanng dan lain-lain ikan yang saya tidak sempat menghafalnya.


Tapi perlu saya sampaikan ke penjelajah jajan, bahwa sebelum saya dan Non belanja ikan bakar tersebut, saya sempatkan untuk mencicipi Kupang Lontong yang ada disekitar tempat ini, karena sudad merasa lapar dan hausnya cukup menggelitik perut maka, saya lagsung pesan kupang lontong ini untuk segera mengisi perut saya yan sudah sangat merdu bunyinya.

Mencicipi kupang lontong di daerah ini seraya makan kupang di daerah yang pas, meski tidak banyak orang yang menjualnya tapi, makan kupang disini saya merasakan suasana lain entah mengapa, atau mungkin karena makan di daerah pantai yang nota bene adalah daerah dimana kupang merupakan salah satu dari hasil laut disini.
Kupang lontong yang saya nikmati dalam satu porsinya terdiri dari kupang plus lontong dan diberi lima buah sate kerang yang sungguh menggoda hati, apalagi dibarengi dengan minum segelas es kelapa mudah, wah........ terasa sungguh perpaduan yang pas di lidah.

6 komentar:

  1. wongbojong1/13/2010

    kupang kuwi opo to kang? tak pikir jenenge kota neng timor (ntt)

    BalasHapus
  2. hehehehe, kupang itu hasil dari laut, seperti ubur-2, binatangnya kecil2, tapi kalau dimasak sangat enak rasanya, gurih dan manis apalagi ditambah sambal petisnya yang khas suroboyo kuwi wah jan,.....bener ki nulis karo ngeces le kelingan enak, sayang jakarta gak ono, wis kapan2 wae nek ke suroboyo tak traktir.....pasti hem....... ketagihan rek !!!!

    BalasHapus
  3. wah....sampeyan kudu nyoba kupang lontongku yo mas. Nang ITC, lt 3 Dapur Nusantara. Hehehehe... onok lentho lho. onok webnya lho. www.lontong-kupang.blogspot.com

    BalasHapus
  4. waw.......ikan bakar kok disate..? penasaran pak eko..kuwi hasil akhirnya apa..? koyok 'mangut' di smg apa kayak 'ikan asar' ambon..opo koyok 'ikan kayu'ala aceh..?

    *request mode on: mohon dieksplore lagi ikan bakarnya...nyamnyam....kerapu bakar..?? halah....

    *ngeces..liat kupang lontong,tapi takut HDL...wkwkwkwkwwk

    BalasHapus
  5. mas bayu: bukan ikan bakar di sate, tapi ikan mentah yg dibakar dulu sebelum dimasak, biasanya pada ikan2 tertentu sebelum dimasak ikan dibakar dulu agar mendapatkan cita rasa yang..nyemmm [ wis gak iso bayangke wong enak je hehehehe..... ]

    BalasHapus
  6. saya sdh pindah banyuwangi.
    paling kangen memang sama kupang.hhuhuhu...
    yg di pasar jenggolo itu ada yg enak pak eko,sebelah terminal
    ada yg jual pikulan tp manggon disitu, sebelahan sama penjual es degan.
    itu kupangnya, kupang merah, lbh gurih dan agak besar2.
    wohohoho... =p~

    BalasHapus