09/11/09

Lothis, Penyejuk Rasa Di Siang Hari

Meskipun berada di daerah pegunungan seperti di kota saya Magelang, akhir-akhir ini udara terasa sangat panas sekali, keadaan ini sangat berbeda denga  waktu ketika aku masih kecil.
Di kota ini seperti di kota-kota yang lain, jika siang hari akan terasa panas, bahkan suasana inipun akan berlangsung sampai pada malam hari, sehingga dengan sendirinya jika udara terasa panas maka bawaannya pingin makan yang segar-segar.
Seperti pada suatu siang ini, saya kebetulan mendapatkan satu jenis makanan yang sangat cocok dengan panasnya siang itu, yaitu Rujak Manis atau dalam bahasa Jawa Tengah disebut LOTHIS.

Rujak manis dalam kesehariaanya dijual dalam bentuk yang sederhana, namun makanan ini meskipun bentuknya sederhana, pastilah kalau siang-siang seperti yang saya rasakan saat ini, maka makanan ini akan menjadi istimewa.
Terdiri dari buah-buahan segar, seperti ; Ketimun, Bengkoang, Mangga Muda, dll. ditambah dengan sambalnya yang khusus, biasanya rasanya pedas, membuat makanan ini jika dinikmati akan membuat cita rasa yang sangat membikin panas dibadan menjadi hilang.

2 komentar:

  1. Waduh kemecer pengen makan rujak. Di daerah Dr Soetomo tuh banyak. Lengkap ama kerupuknya.

    BalasHapus
  2. kalo di gresik, sidoarjo dn surabaya jg di sebut rujak manis/lothis
    tapi di banyuwangi di sebut rujak buah
    yang anehnya di kasih irisan sabrang (ketela rambat) merah mentah lho pak eko.

    BalasHapus