28/09/14

Menjelajahi Sop Ayam Babon - Surabaya

Sudah lama kami sekeluarga tidak keluar untuk menjelajahi jajan di kota ini, sejak hampir 5 bulan lebih kegiatan saya tersita dengan kerepotan membenahi rumah yang kami tinggali.
Kamis malam kemarin saya sekeluarga baru mengawali jelajah jajan ini dengan menikmati jajanan kuliner yang lumayan jauh dari tempat kami tinggal, di Surabaya Timur, tepatnya di daerah Klampis.
Tempat jajan ini kemi jelajahi karena Non siangnya  sudah menikmati menu disini dengan kawan-kawan kantornya, karena menurut Non ini enak dan perlu dicoba, maka sore selepas maghrib saya ajak anak-anak meluncur ke sana, ya hitung-hitung sekalian berbuka.
Lokasi  tempat makan ini sebetulnya tidak asing lagi bagi saya dan Non, karena hampir sering kami melewati arah jalan ini jika saya janjian untuk menjemput jika pulang kerja, yaitu Klampis Jaya.
Tempat ini terbilang lumayan ramai, menempati sisi barat jalan Klampis jaya yang ramai, tempat makan tersebut menempati persis di pojokan barat jalan menuju asrama haji Sukolilo, Surabaya.
Persisnya disebelah utara Bakso kepala sapi, tempat makan yang menyediakan jenis makanan yang menurut hemat saya terbilang langka, yaitu Sop Ayam Babon khas Klaten.
Saya penasaran dengan label ayam "babon", apakah betul seperti yang saya tahu bahwa Babon itu berarti indukan ayam betina yang menjadi ayam petelor ? saya tak mendapat jawabannya tapi setidaknya itu menuehherut Non adalah bener, heheh

Kalau tak salah jenis, saya pernah menjelajahi jenis makanan ini ketika lebaran beberapa tahun yang lalu, ketika melewati kota Klaten kalau gak salah inget, berhenti untuk makan siang di sebuah tempat makan yang menyediakan khusus jenis kuliner tersebut yaitu Sop Manten, yang ternyata bahan, rasa serta aromanya gak jauh beda dengan jenis sop yang aku jelajahi saat ini, hanya saja di sop Ayam Babon ini, hampir tidak ada bahan lain keculai kuah segar yang bertaburan daun bawang, sledri dan tentu daging ayam babon yang menjadi menu andalannya.
Coba saja nikmati menu yang saya pesan malam itu, yaitu Sop Dada :

Gurih dan segar adalah cita rasa yang sektika itu bila mencicipi kuah enak ini, selain tentu saja daging ayam babon yang empuk ketika dikunyah, sehingga menjelajahi sop ini seperti merasakan kesegaran yang sangat recomended,
Karena menurut saya, porsi ini cukup banyak, maka saya membaginya dengan Non dan ini bagian yang saya lirik.
Sudah saya duga, kalau makan ini selepas seharian perut tak terisi tentu akan menemukan kesegaran dari kuah yang disajikan, lihat saja anak-anak sangat menikmati ketika "menikmati kuahnya.
Sayapun tidak ketinggalan setelah melihat kebeningan kuahnya, saya langsung mencicipi kuah yang menjadi daya tarik dari sop yang sudah ada dihadapan saya dan non.
Dan ternyata benar apa yang sudah diberitahu non bahwa, kesegaran kuahnya ini yang perhatian non sore itu merekomendasikan untuk berbuka puasa disini.
Sungguh sore ini menjadi jelajah jajan kami yang sangat spesial, selain lama kami sekeluarga gak keluar makan bareng juga, ternyata spesial juga menu yang kami nikmati.
Buat para penjelajah jajan dan penikmat kuliner saya juga merokemendasikan untuk mencicipi hidangan segar ini, selain menurut saya menu ini jarang kita temu, juga anda bisa merasakan kesegaran dari hidangan penuh kuah.






Sup Ayam Babon
Jl. Klampis Jaya - SUrabaya
Telp. 031-79770012

Sop Dada  Rp. 15.000,-
Sop Sayap Rp. 15.000,-
Sop Ceker  Rp.  9.000,-
Nasi           Rp.  4.000,-
Es Jeruk Jumbo Rp. 5.000,-
Es Teh Jumbo   Rp. 4.000,-

4 komentar:

  1. Tadi siang saya makan di situ. Per porsi sekarang Rp. 17.000,- . Nasi 3rb. Es teh biasa 3rb. Es Teh Jumbo 5rb. 1/2 ekor buat bawa pulang Rp. 32rb.
    Kuahnya Mantabss

    BalasHapus
    Balasan
    1. woke mbak Nur....memang seger banget kuahnya.....suka kuliner juga yah ?

      Hapus
  2. lama gak mampir sini Reek..
    apakabar pakEko....
    ayoNjajanlagii..:)

    BalasHapus
  3. hallo mas Bayu...lama ya gak saling kunjung
    rasanya musim nge blog lagi lesu ya
    tp kita tetep rajin nulis ya meski dikit2
    ok mas...salam buat kel disana
    salam

    BalasHapus